Kultwit #DiskusiPublik #JAMKESMAS #8tahunSBY

Rabu sore kemarin, Senat Mahasiswa FK Unpad bekerja sama dengan BEM Kema Unpad mengadakan diskusi publik mengenai jamkesmas. Salah satu tujuan diadakannya diskusi ini adalah untuk mengevaluasi pemerintahan Pak SBY. Berikut rangkuman diskusi kemarin sore:

1. Latar belakang #Jamkesmas diantaranya UUD 45 pasal 28 H, HDI Indonesia masih rendah (129/143), sistem pembayaran “out of pocket”
2. SEMUA rakyat Indonesia berhak mendapatkan pelayanan kesehatan #Jamkesmas
3. Realita #Jamkesmas: Pendataan ganda, penduduk yg tdk terdaftar, masyarakat berstatus informal (misal tukang bakso)
4. Omong2 #8tahunSBY hmm gimana nih? Menarik apa kata dr Deni ttg #Jamkesmas di #8tahunSBY ini
5. Gimana #8TahunSBY? Tidak melaksanakan amanat UU. #DiskusiPublik
6. Harusnya, kl tau apa yg harus dilakukan, laksanakan SJSN, buat BPJSnya. Sekarang mana? Udah 2012 tapi… #8TahunSBY
7. Seharusnya UU SJSN disahkan tahun 2004 dan BPJS tahun 2005. Realitanya: baru akan dilaksanakan tahun 2014. #8TahunSBY
8. Dalam ruang lingkup pelayanan kesehatan, #Jamkesmas itu bagaikan “ekornya gajah”, tidak menggambarkan pelayanan kesehatan secara menyeluruh.
9. Kita disini berbicara mengenai sistem, bukan hanya #Jamkesmas nya saja. #Jamkesmas itu financing. Hanya 1 sisi dari banyak sisi lainnya.
10. contoh: pelayanan kesehatan yg lambat. Kenapa bisa? Karena pendataannya lambat. Seringkali dinkes yg disalahkan.
11. Padahal, tentang pendataan ini, merupakan tanggung jawab BPS. Di lain sisi, #Jamkesmas tdk bisa sembarangan, harus diberikan kpd yg butuh.
12. Data macet, pelayanan kesehatan macet. Ini hanya salah satu gambaran bahwa pelayanan kesehatan itu bukan hanya tanggung jawab 1 pihak.
13. Ini 1 poin ttg sistem. Bukan hanya #Jamkesmas, karena nyatanya ia tidak bisa mencover semua.
14. Skr, kita berpikir mengenai risiko. Orang sakit itu berbicara mengenai risiko. Kita ga mngkin TERUS dlm keadaan sakit tp kita MUNGKIN sakit.
15. Siapapun orangnya, risiko terkena suatu penyakit itu pasti ada. DAN sekaya-kayanya orang, kl sakit bisa menjadi miskin
16. Ini juga peran dari sistem. Menjamin setiap individu mendapat jaminan kesehatan. Yg kaya saja bisa jd miskin kl sakit, apalagi yg miskin.
17. Ada 5 aspek yang mesti kita lihat dalam jaminan kesehatan. 1) Aspek Kepesertaan. Skr mencover 121,2 jt jiwa. Kedepan mesti mencover SEMUA yaitu 237,6jt jiwa. Lebih dari setengah penduduk Indonesia belum jelas.
18. 2) Aspek Manfaat. Skr masih sgt bervariasi, ada penyakit/prosedur yg bisa dicover, tp banyak yg tidak. Kedepan, semua harus terstandarisasi.
19. 3)Aspek Fasilitas Kesehatan.Jelas sekarang bervariasi,banyak yg tidak memadai,tp ada jg yg lbh baik. Kedepan, jumlah cukup, kualitas memadai
20. 4) Aspek Keuangan. Sekarang masih belum terstandarisasi.
21. 5) Aspek Kelembagaan. Skr masih blm terkoordinasi, pola beda, kapasitas orang beda2, SOP beda2. Kedepan semuanya akan dipegang askes. pastikan terkoordinasi, pola sama, ada SOP.
22. Sekarang, bagaimana dg konsep jaminan kesehatan semesta (universal coverage)?
23. Ada 3 dimensi dari universal health coverage, yaitu: peserta, pembiayaan, dan manfaat.
24. #Jamkesmas jelas tdk mencover 3 dimensi tadi,tdk efisien,tdk efektif,kacau balau. #yasudahlah Makanya #Jamkesmas itu ibarat “ekornya gajah”
25. Masyarakat jg perlu diubah budaya dan paradigmanya. Siapkan untuk proses pemberlakuan SJSN mulai 2014 mendatang. Siapkan dari sekarang.
26. Proses? Yap! SJSN itu proses. Start 2014. Diperkirakan universal coverage baru tercapai tahun 2019, ada jg yg bilang 2024.
27. SJSN bukan berarti biaya kesehatan gratis atau semuanya ditanggung pemerintah.
28. Tidak mungkin pemerintah menanggung semua biaya kesehatan kecuali pajak dialokasikan hanya untuk kesehatan.
29. Makanya perlu iuran dan jalani universal coverage. Yang perlu kita siapkan disini adalah pemahaman mengenai risiko tadi.
30. Yg namanya risiko, bisa diperkirakan. Kita ibaratkan dari 1000 orang, ada 200 orang yg sakit dan 4 orang masuk rumah sakit.
31. Risiko bisa diperkirakan, maka biaya pun bisa diperhitungkan. Untuk contoh yg tadi, kl biaya ditanggung 1000 orang, tentu akan lebih murah.
32. Sebagai rakyat, apa yg harus dilakukan? 1) pahami risiko 2) siapkan diri menghadapi risiko 3) bersama-sama hadapi risiko 4) Bantu orang lain menghadapi risiko 5) bersyukur bila tidak terjadi risiko #sebagairakyat
33. Nah, sekarang kita sebagai mahasiswa gimana? 1) dukung dengan cara cerdas, pihak rakyat, dan bijaksana 2) monitor&awasi 3) Transparansi! 4) Laporkan jika ada hal yg menyimpang 5) do the right thing right #8TahunSBY #sebagaimahasiswa
34. Lalu, isu ttg #Jamkesmas jilid 2 bgmn? Padahal, sudah jelas #Jamkesmas itu tdk menyelesaikan masalah, ga ada kendali mutu, kacau balau, dll
35. Makanya, KAWAL BPJS dari SEKARANG meski SJSN baru berjalan th2014. Desak terus pemerintah! Ini pekerjaan 20-30 tahun.
36. Tentang SJSN dan BPJS ini panjang. Yg jelas #8TahunSBY tidak melaksanakan amanat UU. Gagalkah? *coba simpulkan*
37. Sekian share ttg #DiskusiPublik td sore. Maaf kl banyak kekurangan. Mangga slg share, slg dukung dg cara cerdas, bijak,&berpihak pd rakyat.

Hidup mahasiswa! Hidup rakyat Indonesia!

Keterangan: SJSN = Sistem Jaminan Sosial Nasional. BPJS = Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

One thought on “Kultwit #DiskusiPublik #JAMKESMAS #8tahunSBY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s