Sidang Pengesahan AD/ART Keluarga Mahasiswa FK Unpad

Pasa Selasa, 22 Mei 2012 lalu, telah dilaksanakan Sidang Pengesahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Kema FK Unpad). Ada dua perubahan yang disepakati dalam sidang ini, yaitu perubahan nama komponen-komponen kemahasiswaan, dan penggabungan kemahasiswaan Program Studi Sarjana Kedokteran dan Program Studi D-3 Kebidanan.

Sejak nama Badan Eksekutif Mahasiswa diubah menjadi Senat Mahasiswa, Kema FK Unpad belum memiliki AD ART yang baru. Mengapa? Karena idealnya, apabila menggunakan nama Senat, maka sistem yang digunakan adalah parlementer (seperti yang diterapkan di Inggris, dimana akan ada perdana menteri yang ditunjuk oleh parlemen). Sementara, sistem yang diterapkan di Kema FK Unpad selama ini adalah sistem persidensial, seperti di pemerintahan Indonesia, dimana rakyat memilih parlemen dan presidennya secara langsung.

Dalam sidang tersebut, telah disepakati bahwa Kema FK Unpad akan tetap menggunakan sistem presidensial, dimana seluruh mahasiswa akan memilih ketua lembaga eksekutifnya dan anggota lembaga legislatifnya.

Lalu, apakah namanya akan tetap Senat?

Tidak. Dalam sidang tersebut disepakati bahwa nama lembaga eksekutif yang saat ini bernama Senat Mahasiswa akan diubah menjadi Pengurus Harian Keluarga Mahasiswa FK Unpad (PH Kema FK Unpad). Sehingga nantinya setiap kegiatan kemahasiswaan akan mengatasnamakan Kema FK Unpad. Bukan Senat, bukan BEM.

Nama Badan Perwakilan Mahasiswa pun akan diubah menjadi Dewan Perwakilan Mahasiswa. Mengapa begitu? Pada umumnya, Badan merupakan suatu lembaga dimana ketuanya yang diberikan amanah akan membentuk kabinetnya. Namun, dalam DPM, yang diberikan amanah adalah seluruh anggotanya, sehingga setiap anggotanya memiliki kedudukan yang setara, hanya fungsinya yang berbeda. Oleh karena itu, disepakatilah nama Dewan Perwakilan Mahasiswa.

Kemahasiswaan PSSK gabung dengan D-3 Kebidanan?

Ya. Dalam sidang tersebut juga telah disepakati bahwa kemahasiswaan PSSK akan gabung dengan D-3 Kebidanan.

Jadi nantinya teman-teman D-3 Kebidanan akan gabung bersama PSSK di UKM dan di Kema?

Ya. Jadi nantinya D-3 Kebidanan akan gabung dengan PSSK di UKM, DPM, dan PH Kema. Seperti yang sekarang telah terjadi di KAMI Asy Syifaa dan Paduan Suara. Namun, apabila beberapa UKM memiliki AD ART tersendiri yang menyatakan bahwa syarat anggotanya adalah mahasiswa Pendidikan Dokter, berarti hanya mahasiswa PSSK yang dapat masuk UKM tersebut.

Untuk Pembinaan dan Kaderisasi, serta Pendidikan dan Profesinya bagaimana?

Nah, untuk P&K dan Pendpro, nantinya akan menjadi bidang khusus di PH Kema, yang disebut dengan Himpunan. Ketua Himpunannya akan dipilih oleh Ketua Kema dengan rekomendasi dari hasil musyawarah Kema prodi masing-masing.

Apa bedanya Pengurus Harian Kema dan Himpunan?

Dalam Pengurus Harian, mahasiswa PSSK dan D-3 Kebidanan akan gabung, sementara dalam Himpunan Kebidanan hanya beranggotakan mahasiswa Kebidanan, dan Himpunan PSSK hanya beranggotakan mahasiswa PSSK. Sementara Himpunan hanya terdiri dari P&K dan Pendpro, sementara PH Kema akan terdiri dari seksi-seksi lainnya.

Kapan perubahan ini akan direalisasikan?

InsyaAllah, perubahan ini akan direalisasikan pada kepengurusan kemahasiswaan tahun depan (2013). Sementara untuk tahun ini, akan diadakan beberapa adaptasi untuk perubahan tahun depan.

Gusti Adintya Putri

Tim Adhoc AD/ART Kema  FK Unpad

FK Unpad 2011

***

Alhamdulillah, Anggaran Dasar Kema FK Unpad telah disahkan Rabu, 27 Juni 2012 kemarin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s