Bakti Sosial Wilayah (Baksoswil) II 2012

Hari ini adalah hari terakhir Baksoswil II 2012! Acara yang merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kedokteran kepada masyarakat serta tempat pengaplikasian ilmu kedokteran yang telah dipelajari ini rutin diadakan setiap tahun. Baksoswil II tahun ini bertemakan kesehatan organ reproduksi. Kenapa harus organ reproduksi sih?

Ternyata, angka kejadian penyakit yang berhubungan dengan kesehatan organ reproduksi, khususnya kanker serviks di Indonesia sangat tinggi. Menurut WHO Information Centre of HPV and Cervical Cancer, kanker serviks merupakan jenis kanker terbanyak kedua di dunia yang menyerang wanita dengan perkiraan jumlah 529.409 kasus baru dan 274.883 diantaranya berujung pada kematian di tahun 2008. Di Indonesia, kanker serviks berada di urutan ketiga setelah kanker payudara dan kolorektum sebagai penyebab kanker terbanyak pada wanita. Insidensi kanker serviks di Indonesia sebesar 12,1/100.000 wanita dengan jumlah kasus baru sebanyak 13.762 kasus/tahun. Berdasarkan data yang telah disebutkan, masyarakat perlu mendapat edukasi dan deteksi dini mengenai kesehatan organ reproduksi agar dapat melakukan pencegahan penyakit organ reproduksi yang dalam hal ini dikhususkan pada penyakit kanker serviks.

Selain itu, pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa kedokteran diwujudkan pula dengan memberikan pengobatan gratis dan sirkumsisi untuk masyarakat. Dengan melakukan kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah sehingga dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Desa Kubang, Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten. Berdasarkan data dinas kesehatan Indonesia, Kota Serang merupakan salah satu daerah dengan angka kejadian kanker serviks yang tinggi di Provinsi Banten. Semoga Baksoswil II ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Kubang akan kanker serviks sehingga angka kejadiannya berkurang.

Karena ini acara ISMKI Wilayah II, tentu FK Unpad ga mau ketinggalan untuk berpartisipasi. Siapa saja delegasi dari FK Unpad? Tidak lain dan tidak bukan, mereka adalah @adridumon@dhitalviane@icamumtaza, dan @yovanrivanzah. Semoga bisa banyak memberi manfaat ya. Amin🙂

Penyuluhan kesehatan reproduksi oleh @adridumon

(hpk)

sumber: http://www.wilayah-2.ismki.org/baksoswil-2012/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s