Apa sih @fkunpadfair2012 ?

Angka kebutaan di Indonesia tertinggi di Asia, nomor 2 di dunia setelah Ethiophia.

4 masalah utama gangguan penglihatan: Kemiskinan, kurangnya akses ke pelayanan kesehatan, tingginya risiko untuk mengalami jejas, dan diskiriminasi.

Manusia melihat, kemudian memperoleh informasi. Terlihat jelas bahwa penglihatan menjadi faktor paling penting. Dengan latar belakang itulah, FK Unpad Fair 2012 hadir dengan tema “sight” atau penglihatan.

FK UNPAD FAIR apa sih? FK UNPAD FAIR itu merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari 4 acara. FK UNPAD FAIR hadir sekaligus untuk memperingati hari jadi FK UNPAD yang ke-55 (Lustrum XI).

Makanya kita punya acara…

  1. Megabaksos

Baksosnya itu berisi operasi katarak plus bagi-bagi kacamata. Kenapa perlu? Karena ternyata, masih banyak orang tua berhenti bekerja karena buta katarak. Megabaksos hadir menyediakan fasilitas operasi katarak bagi yang tidak mampu. Anak-anak terhambat belajarnya karena tidak tahu punya masalah dengan matanya. Megabaksos bagi-bagi 1000 kacamata untuk anak-anak Mega Baksos mengabdi, memperbaiki kondisi bangsa.

Kegiatan Megabaksos diantaranya:

a. Screening katarak bagi masyarakat Jatinangor. Banyak siswa sekolah dasar yang tidak tahu jika matanya minus sehingga mereka kesulitan untuk belajar.

b. Screening visual acquity akan membantu siswa yang membutuhkan kacamata sebagai alat bantu penglihatan.

c. Operasi katarak gratis. Bekerja sama dengan institusi terkait. Kepedulian kita bisa dilakukan dengan memberikan dukungan. Bisa berupa donasi, informasi, dan juga dengan cara menjaga kesehatan mata kita. Mungkin ada teman-teman yang tau atau kali aja deket kostan di daerah Jatinangor ada warga yang kena katarak. Bisa langsung kabari ya.

d. Pemberian 1000 kacamata untuk anak-anak yang mengalami penurunan daya penglihatan.

e. Mari Melihat Dunia. Acara ini akan menyalurkan buku-buku ke perpustakaan di SD seluruh Jatinangor. Ayo peduli terhadap generasi muda Jatinangor. Ditunggu sumbangan buku untuk seluruh SD di Jatinangor ya

2. Bioscope

Sebuah lomba yang ditujukan buat anak-anak SMA se-Jawa, Bali, Sumsel, Banten, dan Lampung loh. Siap-siap ni adek-adek SMA buat bersaing untuk jadi juara. Pastinya bangga dong kalo almamater kita juara. Makanya sebarin info Bioscope ke SMA-SMA. Di Bioscope ada Lomba Cerdas Cermat tentang kedokteran, seminar kesehatan, dan juga Lomba Pembuatan Majalah Dinding Ilmiah. Ayo tunjukan eksistensi sekolah adik-adik.

3. Talkshow

Dibuka buat umum. Talkshow keren bakalan hadir dengan konsep yang edukatif, inspiratif dan akan membuka mata kita.

4. Konser

Nanti bakalan ada banyak bintang tamu oke dan juga penampilan dari MMS alias grup musik dari kedokteran UNPAD. Konser FK Unpad Fair akan menampilkan kolaborasi musik, nyanyian, dan tari dari PSM, MMS, dan juga Rinengga Gumiwang. Ditambah penampilan guest star ternama dan penampilan amazing dari para penderita tuna netra yang luar biasa.

Kapan lagi dateng ke event, selain refreshing, belajar, juga sambil mengabdi untuk negri.

Apakah kita sudah perduli terhadap kesehatan mata kita? FK UNPAD FAIR 2012 “for the vision of the future”.

For more info, please follow @fkunpadfair2012

2 thoughts on “Apa sih @fkunpadfair2012 ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s