SIKLUS – Seminar Enterpreneurship and Class Discussion

Sudah nampak dari nama acaranya, materi apa yang diusung dalam kegiatan ini. Ya, kewirausahaan. Sebuah kata yang sedang digembar-gemborkan di negeri ini. Kenapa harus wirausaha ? Karena, salah satu indikator negara maju adalah jumlah wirausahawan-nya minimal 5%, sedangkan di negeri ini baru sekitar 0.2%. Oleh karena itulah, pemuda sudah sejak dini ditanamkan untuk tidak hanya bermental seorang ‘pekerja’, tapi ‘pencipta lapangan kerja’. Seminar ini diawali dengan training motivasi dari sang Enterpreneur muda yang begitu masyhur dengan “Mimpi Sejuta Dolar” nya, Mbak Merry Riana. Pengusaha muda Indonesia yang kini berdomisili di Singapore. Mbak Merry ini meraih sejuta dolarnya di usianya yang ke-26. Dan yang lebih dahsyatnya lagi, Mbak Merry ini bukanlah berasal dari keluarga yang kaya raya, dia merintis kesuksesannya kini benar-benar dari nol. Dari menghutang kepada pemerintah megeri Singapore untuk mengenyam pendidikan disana, dengan bertahan setiap harinya unutk bersumbunyi di toilet kampus untuk memakan bekal roti tawarnya, dengan pekerjaan sampingannya membagikan brosur yang mungkin saat itu hanya menjadi bahan cemoohan bagi teman-teman sebayanya.

Tapi ternyata justru dari sanalah titik balik bagi kehidupannya. Beliau berhasil bangkit, hingga menjadi seorang Merry Riana, sang motivator wanita terbaik di Asia, yang begitu well-known hingga detik ini. Wirausaha tak melulu soal uang yang besar dan banyak, tak melulu soal keuntungan. Tapi value-nya lah yang begitu ‘mahal’. Proses untuk sampai kesananya yang panjang.

Nah, sebenarnya untuk memiliki jiwa enterpreneur, dari mana kita harus memulai ? Sebelum memandang dan melangkai lebih jauh, yang paling pertama harus disadari adalah : dimana Kita sekarang ? Sesuaikan langkah yang akan Kita ambil di masa depan dengan keadaan Kita sekarang. Bgaimana Anda tahu seberapa jauh anda harus melangkah, sebesar apa perubahan yang harus Kita lakukan, kalau sekarang pun Kita tahu Kita sedang berada dimana.

Namun, tak sempurna kesadaran Kita akan keberadaan kita, tak sempurna kehidupan kita kalau tak ada arah dan tujuan. Dan tujuan pun lahir dari sebuah mimpi. Tapi tak sekadar mimpi. Melainkan, mimpi yang siap untuk direalisasikan, itulah tujuan. Kalau Merry Riana memiliki ‘Mimpi Sejuta Dolar’ nya, lalu apa ‘Mimpi Sejuta Dolar’Mu ? Silahkan bermimpi. Asalkan, Anda yakin dengan mimpi Anda. Tak apa jadi bahan tertawaan, yang penting siapkan diri untuk menggapai mimpi tersebut. Siapkan ‘Mimpi Sejuta Dolar’ versi Anda dan siapkan pula ‘Mental sejuta Dolar’ mu.

Anda sudah tau dimana Anda sekarang. Dengan mimpi, anda pun akan tau kemana tujuan anda. Tapi masih ada yang missed, ya, bagaimana kita dari titik ini untuk pergi ke titik tujuan kita? Lewat mana?

Ya, tiga pertanyaan di atas adalah tiga hal paling fundamental. Bukan hanya tentang menjadi seorang enterpreneur. Tapi itu berlaku untuk setiap aspek kehidupan. Tahu asal, tahu tujuan, dan tahu jalan.

Mbak Merry pun menganggap jiwa enterpreneurship dan keberhasilan di dalamnya merupakan akumulasi dari prinsip 3D. Apakah itu ?

1. Decide !!

Kelahiran kita kedunia adalah takdir, tumbuhnya kita merupakan proses, tetapi masa depan merupakan keputusan. Keputusan anda hari ini. Dan ketika Anda pun memutuskan pada saat ini untuk menjadi seorang enterpreneur, keputusan itulah yang akan terpatri dalam jiwa, dan akan memengaruhi bagaimana anda melihat dunia Anda.

2. Dicipline

Tahukah Anda bahwa antara mimpi dan kenyataan terdapat sekat di antaranya ? dan apakah sekat itu ? Bukan apa-apa, melainkan kerja keras. Melainkan diri yang disiplin. Kenyataannya jalan tak selalu mulus, gagal dan sukses itu satu paket. Jadi, mustahil apabila anda gagal tapi anda bisa bangkit untuk sukses kalau tak ada disiplin, kalau tak ada kerja keras. Selalu ada ‘harga’ yang harus dibayar. Karena hidup pun nyatanya tak melulu sekadar rentetan nasib hoki-atau-tidak. Keberuntungan pun pertemuan antara persiapan dan kesempatan.

3. Desire

Hasrat. Jangan melangkah kalau tak ada passion disana. Do what you love and love what you do.

Kalau berdasarkan ilmu expertnya, untuk berwirausaha itu harus punya 3C ; Capital (modal), contact (relasi), dan capability (kemampuan). Tapi tak perlu berkecil hati, tak perlu undur diri meski tak memiliki ketiganya. Toh kenyataannya, Mbak Merry Riana pun yang tak memiliki ketiganya, Beliau bisa. Eits, tapi beliau memiliki additional “C”, yakni courage. Harus Berani. Break the limit. Coba untuk terus dorong limitasi diri Anda.

Hidup anda adalah milik anda. Semua yang terjadi dalam hidup, akan kembali kepada bagaimana perspektif anda masing-masing. Menjadikan setiap kodrat sebagai peluang, bukan hambatan. Bukan “karena saya masih mudah, jadi saya belum bisa menjadi seorang wirausah”, tetapi cara pandangnya harus diubah menjadi “justru karena saya masih muda, saya harus bisa ber-wirausaha”.

Menjadi seorang enterpreneur itu tentang bagaimana Anda mengenal diri anda, mengenal mimpi Anda, dan menggapai mimpi Anda. Tapi untuk menjadi seorang enterpreneur yang terpentung bukanlah seberapa banyak Anda membaca biografi enterpreneur sukses, bukan juga seberapa banyak mengikuti training enterpreneurship. Tapi memulai langkah dengan BERAKSI. MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK BERTINDAK. Tak ada kesuksesan yang dijanjikan untuk datang secara instan. Tapi tak akan ada pula kesuksesan yang berani datang tanpa berani mengecap kegagalan.

Ketika anda memiliki desire, memiliki passion, tekuni minat Anda. Tapi yang tak boleh lupa adalah tuntutan bahwa seorang enterpreneur wajib KREATIF. Let your mind think out of the box ! Ketika anda memilih semua ide, mimpi, dan kreativitas anda untuk dikomersialkan, pegang komitmen Anda untuk menjadi seorang wirausahan sejati. Catch your dream and be a creative enterpreneur !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s