Studi Banding: FK Universitas Jenderal Achmad Yani

Di hari Ahad yang cerah pada 18 Maret 2012 lalu, Senat Mahasiswa FK Unpad dan BPM FK Unpad mengunjungi FK Unjani dengan misi khusus, yaitu mengenal lebih dekat hubungan antara BPM dan BEM di FK Unjani. Meski sempat terhambat oleh Pasar Unpad, akan tetapi alhamdulillah acara dapat dimulai sejak pukul 10.00 di FK Unjani. Dua puluh orang yang mewakili Senat Mahasiswa dan BPM FK Unpad berkunjung ke FK Unjani nun jauh di Cimahi sana. Acara ditutup dengan sesi foto sekitar pukul 15.00.

Apa saja yang kami diskusikan disana? Berikut kami lampirkan rangkumannya. Semoga bermanfaat J

Rangkuman dan Struktur Kemahasiswaan FK UNJANI:

Bentuk kemahasiswaan di FK Unjani terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Majelis Permusyawarahan Mahasiswa (MPM).

Struktur Ormawa FK UNJANI :


MPM : Majelis Permusyawarahan Mahasiswa ( pemimpin musyawarah, gambarannya kurang lebih seperti MPR di Indonesia dan Kongres di Unpad)

BEM : Badan Eksekutif Mahasiswa (+ 90 mahasiswa)

DPM : Dewan Perwakilan Mahasiswa (+ 58 mahasiswa)

Struktur DPM


Struktur BEM


  1. Kastrat (Kajian Strategis)
  • Fungsi: mengkaji isu internal dan eksternal.
  • Proker-prokernya tergabung dengan program Kedokteran Gigi, karena FK Unjani terdiri dari prodi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.
  • Total prokernya ada 45.
  1. Depdik (Departemen Pendidikan)
  • Prokernya antara lain sumdok, medical education fair (lomba cepat tepat dan dokter cilik yang akan diadakan bulan Mei).
  • Prokernya juga tergabung dengan proker dari prodi Kedokteran Gigi.
  1. PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)
  • Mengkader mahasiswa baru saat OSPEK.
  • Kaderisasi BEM.
  • Tahun ini mendapatkan tender LKMM lokal dan wilayah 2.
  1. KIK (Komunikasi, Informasi, dan Kesekretariatan)
  • Membantu komunikasi, informasi, dan kesekretariatan.
  • Secara umum, sama dengan kestara dan medinfo.
  1. Deproh (Departemen Rohani)
  • Memfasilitasi kegiatan-kegiatan muslim dan non-muslim.
  1. DUKM (Dana Usaha dan Kesejahteraan Mahasiswa)
  • Berfungsi untuk mencari dana dengan berjualan dan bekerja sama dengan ISMKI.
  1. DOKM (Departemen Olahraga dan Kreativitas Mahasiswa)
  • Terdiri dari beberapa divisi, yaitu:
  1. Futsal
  2. Plica voca
  3. Flagella
  4. Basket
  5. Explore
  6. Badminton
  1. Depsos (Departemen Sosial)
  • Berfungsi untuk mengerjakan proker yang berhubungan dengan pengabdian kepada masyarakat.
  1. Deplu (Departemen Luar Negeri)
  • Pendelegasian (dana, surat, dan buku delegasi).
  • Terdiri dari beberapa biro untuk organisasi eksternal, contohnya biro ISMKI dan biro AMSA.
  • Pertemuan dengan Ikatan Alumni.
  • Bekerjasama dengan Depdik untuk mengadakan sharing co-ass.

Parallel Session

  1. DPM dengan BPM

Struktur Ormawa FK UNJANI :

MPM : Majelis Permusyawarahan Mahasiswa ( pemimpin musyawarah, gambarannya kurang lebih seperti MPR di Indonesia dan Kongres di Unpad)

BEM : Badan Eksekutif Mahasiswa (+ 90 mahasiswa)

DPM : Dewan Perwakilan Mahasiswa (+ 58 mahasiswa)

Fungsi DPM: Aspirasi, mediasi, legislasi, dan eksaminasi

Mekanisme kerja DPM:

Pengumpulan aspirasi → Penyaringan → Penyusunan → Penyerahan oleh kepada Kastrat BEM → Dikaji oleh Kastrat BEM → Kastrat BEM mempresentasikannya kembali pada DPM → DPM mempertimbangkan kembali → Fiksasi hasil kepada dekanat → Pelaksanaan program → Evaluasi

Tahunan:

Penyusunan program kerja BEM → Penerimaan atau penolakan proker BEM dalam musyawarah mahasiswa → Pelaksanaan → Laporan kegiatan (akhir periode) → DPM memberikan rekomendasi perlu dilaksanakan kembali atau tidaknya tahun berikutnya → Fraksi angkatan memutuskan diterima atau ditolaknya Laporan Pertanggungjawaban dalam musyawarah mahasiswa

Jumlah pengurus DPM tahun ini: 58 mahasiswa, didistribusikan dalam 5 komisi : Komisi aspirasi, HRD, Komisi A, B, dan C.

Kaderisasi DPM : Dilaksanakan bersamaan dengan BEM. Kuota pertahun disesuaikan dengan jumlah proker BEM. Open recruitment berdasarkan kemauan sendiri ditambah rekomendasi angkatan. → dilaksanakan sejak tahun 2006. Pada saat tersebut SDM DPM terbatas, kemudian dilaksanakan re-struktur, mengacu pada struktur DPR-MPR. Diikuti dengan pengakaran ke angkatan muda

STRUKTUR DPM

PENGAWASAN

Dilaksanakan oleh komisi A, B, dan C, yang strukturnya disesuaikan dengan departemen di BEM. Pengawasan pra-pelaksanaan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan. Setiap staf komisi mengawasi satu program kerja BEM.

Program kerja Divisi (DOKM) → diawasi melalui departemennya.

Program kerja eksternal atau tender → diawasi apabila menggunakan dana dari Dekanat

** AMSA ada di bawah Hublu di BEM.

ASPIRASI

salah satu caranya → kotak aspirasi (bentuknya seperti toples surat). Bersamaan dengan disediakannya kotak aspirasi, dilakukan pula blow up isu kemahasiswaan yang akan mendorong ketertarikan mahasiswa untuk mengisi kotak saran. Selain itu, disosialisasikan pula alur aspirasi DPM sehingga mahasiswa tahu kemana aspirasi mereka disalurkan.

Cara lain → forum angkatan. yakni pendekatan kepada ketua angkatan baik secara formal dalam kala tertentu maupun secara informal, dalam rangka mengetahui isu dan kebutuhan angkatan.

Forum khusus → forum OSPEK yang berisi evaluasi ospek tahun sebelumnya dan saran ospek kedepannya seperti apa.

Aspirasi dari DPM yang dikaji oleh Kastrat BEM juga disosialisasikan pada mahasiswa melalui program kerja BEM, gurita.

LEGISLASI

Dilaksanakan melalui penyepakatan SOP BPM di setiap awal kepengurusan. Mencakup tujuan efektivitas, dan arahan kemahasiswaan FK UNJANI yang dibahas di musyawarah mahasiswa. Arahan ini berasal dari aspirasi mahasiswa seputar pelaksanaan program kerja di tahun sebelumnya. Kemudian, SOP BPM ini akan menjadi acuan disetujui atau tidaknya proker BEM.

HRD

Diadakan blackbook → berisi semacam rekam absen pengurus. Apabila ada pengurus yang dinilai kurang amanah dalam bertugas, maka akan dilakukan pendekatan-pendekatan personal, yang apabila tidak berhasil akan berujung penonaktifan anggota.

HRD BPM mengadakan bonding dengan pengurus BEM juga.

Program bonding lain : Golden Group Generation (bedah buku), dan pengajian setiap malam Jumat.

HIMPUNAN MAHASISWA KG

Berdiri di bawah Kastrat BEM. Beranggotan sekitar 20 mahasiswa (total mahasiswa sekitar 120) Setiap progrm kerja HIMA KG adalah program kerja Kastrat. Kaderisasi berbeda; BEM, DPM, dan HIMA KG.

Tujuan: kedepannya akan diadakan Fakultas Kedokteran Gigi, sehingga akan diadakan BEM FKG. HIMA KG diadakan untuk sementara, berfungsi sebagai fasilitator kebutuhan mahasiswa KG.

Hal ini menjadi polemik tersendiri, karena secara struktural, HIMA KG sama seperti divisi. Namun, pada pelaksanaannya, intervensi Kastrat ke HIMA KG terbatas karena program kerjanya yang cukup banyak, menambah program kerja Kastrat.

HUBUNGAN BEM DAN DPM

Pengakaran hubungan yang berdasarkan dengan keterbutuhan satu sama lain. Perlu pembagian kerja yang jelas antara BEM dan DPM. Dan kualitas DPM sendiri harus senantiasa ditingkatkan agar dapat mendampingi BEM dengan lebih baik lagi.

  1. Depdik dan Pendpro
  • Depdik terdiri dari 1 divisi, yaitu RLU (Research Learning Unit).
  • Proker-proker mereka adalah:
  1. Sumdok
  2. Medufair
  3. Buku paket normal value
  4. Dentistry training
  5. Penghargaan mahasiswa untuk dosen pada guru
  6. Pemaparan SKDI tiap blok
  7. Berbagi rasa berbagi cerita tiap blok
  8. Pendpro sharing e-book dan jurnal
  1. Depsos dan PKM

Di Unjani, Seksie Pengabdian Kepada Masyarakat itu setara dengan Departement Sosial yang ada di BEM Kema mereka. Departement ini di kepalai oleh Onett, 2009.

Secara keseluruhan, proker yang ada didepartemen sosisal BEM Kema Unjani memiliki kemiripan dengan apa yang ada di PKM Sema FK Unpad, diantaranya:

  1. Crisis Centre : Nama nya sama persis, tapi terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal ini. Sebutan crisis centre disini mereferensi kepada kegiatan tanggap bencana yang bentuknya kebanyakan pengumpulan dana oleh pihak BEM. Sementara untuk di FK Unpad sendiri, Crisis centre merupakan sebuah system konsolidasi multy lembaga yang cakupan kegiatanya sangat luas.
  2. Hari tembakau Nasional : Program tematik
  3. Bina Desa : Dalam hal ini, Dep.Sosial BEM Unjani masih dalam tahap merintis.
  4. Balai Pengobatan : Untuk di FK Unpad, sebenarnya kita menghindari kegiatan satu ini, kecuali sifatnya merupakan request dari pihak eksternal. Hal ini dikarenakan arahan kerja kita yang lebih mengutamakan tindakan preventive.

    Ada beberapa proker yang sedikit berbeda, yakni tentang vaksinasi hep.B dan pengadaan kotak P3K.

    Selain dalam hal proker, kemarin banyak hal yang saya pelajari tentang bagaimana hubungan BEM-DPM yang terjalin sangat baik di kemahasiswaan FK Unjani. Menurut saya, hal tersebut dapat terjadi karena system kerja BEM-DPM mereka tersusun sangat apik tersinergisasi dari awal kepengurusan. Pada awal kepengurusan, semua perancangan proker BEM didasarkan pada aspirasi yang telah dikumpulkan oleh pihak DPM. Jadi fungsi aspirasi yang ditangani oleh DPM berjalan dengan sangat baik, dan arahan kerja BEM pun jelas disesuaikan dengan aspirasi.

  1. Deplu dan Hublu
  • Pembentukan biro-biro, namun sedang membentuk SOP.
  • Memfasilitasi delegasi dengan buku untuk diisi dengan CP dan materi. Delegasi diharuskan menginformasikan hasil pendelegasiannya di Facebook.
  • LKMM dan JMKI yang merupakan hasil ternderisasi dan dikerjakan bersama PSDM.
  • Unjani goes to school.
  • Sharing co-ass juga merupakan proker deplu karena berhubungan dengan alumni.
  • Mereka mendirikan biro AMSA agar jelas dan tidak kehilangan kontak dengan delegasi.
  • Salah satu cara untuk menjaga hubungan dengan alumni dengan acara Gastro dan Bilirubin yaitu acara yang menghadirkan dokter-dokter yang sedang mengambil S2 di universitas lain. Acara ini biasanya diadakan dalam bentuk seminar.
  1. DOKM dengan SOKA

BEM FK UNJANI tidak memiliki seksi yang bertujuan khusus seperti tujuan yang dimiliki seksi SOKA yang ada di SEMA FK UNPAD, hanya saja beberapa program kerja yang dimiliki seksi SOKA SEMA FK UNPAD tersebar di beberapa bagian department yang ada di BEM FK UNJANI, contohnya seperti pada ajang kompetisi OLYMPHIART berada dibawah kendali DOKM (Department Olahraga & Kreativitas Mahasiswa) BEM FK UNJANI yang lebih terfokuskan terhadap bidang olahraga dan kesenian, seperti ARISAN berada dibawah kendali KASTRAT, dll.

Perbedaan yang dimiliki SEMA FK UNPAD & BEM FK UNJANI khususnya pada seksi SOKA sangat signifikan. Mungkin dari beberapa program kerjanya terlihat sama, namun dari tujuannya sangat berbeda.

FK UNJANI masih sangat kental dengan yang namanya senioritas, sangat bertolak belakang dengan FK UNPAD. Mungkin dari situlah mengapa BEM FK UNJANI tidak memiliki department ataupun seksi yang karakteristiknya seperti seksi SOKA.

  1. Kestara dengan KIK
  • Proker KIK dengan kestara kurang lebih sama.
  • FK Unjani bisa membuat ruang DPM dan BEMnya lebih terasa seperti rumah.
  1. Medinfo dengan KIK

    Proker KIK: munas, mukernas BPN ISMKI, mading, buletin, website, fb, twitter, buku putih (untuk pengurus tahun depan, pegangan mengenai proker), buku untuk calon dokter muda, buku kenangan angkatan, dan inventaris serta arsip BEM FK Unjani.
    Di Unjani, setiap departemen memiliki divisi. KIK membawahi sebuah divisi, yaitu lembaga pers mahasiswa “timpani”.
    KIK bekerja sebagai pihak yang menyebarluaskan informasi dari luar kampus ke mahasiswa FK dan dari BEM ke mahasiswa FK. Mereka juga menyediakan media untuk tempat publikasi bagi pihak yang membutuhkan (ismki, univ lain, dll).

Nilai tambah yang bisa diadaptasi

  1. Penyambutan studi banding dari depan bus.
  2. Adanya buku tamu untuk studi banding.
  3. Presentasi dilakukan di ruangan formal.
  4. Penyambutan studi banding oleh dekan.
  5. Penampilan dari UKM tari.
  6. Pengawasan DPM berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan selalu hadirnya anggota DPM tiap rapat BEM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s