Blood Donation ({})

Tanggal 21 Februari 2012 Senat Mahasiswa FK Unpad yang diwakili oleh seksi PKM (Pengabdian kepada Masyarakat) mengadakan acara donor darah yang merupakan acara rutin PKM setiap 3 bulan sekali. Kegiatan ini diselenggarakan bukan hanya oleh PKM, namun bekerja sama dengan RSHS. Siapapun boleh mendonorkan darahnya karena acara ini bersifat umum.

Penasaran dengan cerita lengkapnya? Yuk, kita tanya sekertarisnya, Addistyane Puristasari!

Nah, menurut Adis, acara ini dipersiapkan dalam waktu sekitar 1 minggu. Dimulai pada tanggal 14 Februari 2012 dengan agenda pemilihan pengurus dan mempersiapkan konsep. Kemudian publikasi dimulai pada tanggal 16 Februari 2012 via poster ke fakultas-fakultas lain dan dunia maya. Pada hari H pun publikasi tetap gencar dilakukan dengan menyebar flyer di sekitar FK.

Target acara ini adalah terkumpulnya 100 kantung darah dan untungnya target ini dapat tercapai. Tercapainya target ini tidak terlepas dari antusiasme para pendonor yang hadir. Bahkan dalam waktu sekitar 1,5 jam saja sudah ada sekitar 70 pendaftar. Namun, sayangnya tidak semua pendaftar dapat menjadi pendonor. Ada beberapa pendaftar yang ditolak karena tidak memenuhi persyaratan yang diajukan.

Sebenarnya apa saja sih syarat-syarat untuk menjadi seorang pendonor?

Nah, berikut ini saya informasikan syarat-syarat untuk menjadi seorang pendonor, siapa tahu anda tertarik untuk mendonorkan darah anda.

  • Berat badan minimal 45 Kg
  • Usia minimal 17 tahun
  • Tekanan darah 120/80 (normal)
  • Sebelumnya tidur  >5 jam
  • Minimal jarak mendonorkan darah itu 72 hari setelah mendonorkan darah sebelumnya
  • Untuk wanita ada syarat khusus, yaitu tidak sedang menstruasi dan harus menunggu 5 hari setelah menstruasi agar dapat mendonor.

Naaah itu sekilas ulasan tentang acara donor darah yang diadakan PKM minggu ini. Bagi yang belum sempat, jangan khawatir karena akan diadakan kembali dalam waktu 3 bulan. Untuk yang belum memenuhi persyaratan di atas, ayo segera persiapkan diri agar dapat mendonor di kesempatan selanjutnya🙂 .

Ingat! Satu tetes darah anda sangat berarti untuk mereka.

Narasumber: Addistyane Puristasari

Pewawancara: Pusfa

Penulis: Nenden Shinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s