CAROTID, Sebuah Sarana Informasi Pengembangan Karir Kedokteran (3/3)

Oleh : Nur Afifah (mahasiswa FK Unpad angkatan 2010)

Dokter di Rumah Sakit Swasta

 

Narasumber: dr. Muhammad Iqbal

 

Dokter Iqbal, demikian beliau biasa disapa, merupakan dokter yang menjalani perannya sebagai dokter klinis di sebuah rumah sakit swasta, yaitu RS Al Islam. Meniti karir di rumah sakit swasta memiliki dinamikanya tersendiri.

 

Seorang dokter klinis memiliki keseharian yang sangat dekat dengan pasien. Setiap pagi, dokter melakukan kunjungan ruangan untuk memeriksa pasien. Selain itu, morning report merupakan salah satu rutinitas pagi yang dilaksanakan untuk mengevaluasi pelayanan harian. Seringkali terdapat permasalahan-permasalahan di luar jam kerja yang harus diantisipasi.

 

Ekspektasi pasien terhadap rumah sakit swasta sangat besar, karena mereka membayar atau dibayarkan oleh perusahaan. Di sini, kemampuan komunikasi dan persuasi sangat penting. Saat ada pasien yang menyampaikan kekecewaannya, saat kita membalasnya dengan kemarahan, tentu hal itu tidak akan menyelesaikan masalah. Dokter memiliki peran sebagai orang yang dibutuhkan. Saat kita mengeluh, perasaan dibutuhkan itu akan hilang, di samping perasaan kelelahan yang timbul.

 

Selain itu, dokter merupakan orang yang paham mengenai masalah kesehatan. Meskipun pasien memiliki akses yang luas terhadap informasi kesehatan, kemampuan klinis buakan merupakan ranah orang awam. Saat berhadapan dengan pasien, tugas kita adalah menyampaikan pandangan yang benar.

 

Dalam memberikan informasi, lebih mudah menyampaikan sesuatu dengan menggunakan ilustrasi. Penggunaan media yang baik untuk memberikan informasi yang benar akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Di klinik, pasien pasti datang karena sudah terjadi penyakit. Berikan mereka waktu tatap muka sehingga kita dapat menyampaikan poin-poin yang kira-kira dapat mereka mengerti, mengenai penyakit, prevensi, dan perilaku sehat yang dibutuhkan untuk menghadapi masalah tersebut.

 

Menjadi dokter, meskipun sekarang secara kuantitas sudah banyak sekali dokter di Indonesia, tetapi dengan kompetensi-kompetensi yang kita miliki, kita menunjukkan komitmen kita untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Seven stars adalah area kompetensi yang wajib kita miliki, tidak semata hanya kemampuan klinis. Dengan cara yang baik, insya’Allah kita akan memberikan maslahat yang banyak.

 

 

Testimoni Peserta

 

Tita Rashida (Mahasiswi FK Unpad angkatan 2009)

 

“Acaranya bagus, narasumber komunikatif dan tepat sasaran, moderator mampu mengarahkan talkshow dengan sangat baik sehingga poin-poin yang inspiratif dapat tergali. Jangan mau jadi dokter yang berwawasan sempit. Dokter tidak hanya tentang obat dan alat suntik, tetapi juga pengabdian kepada masyarakat, dan caranya itu luas. Kalian bisa mendapatkan itu di sini.“

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s